Menu

jangan Diam Saja! Ini yang Harus Kamu Lakukan Ketika Melihat Pelecehan Seksual

08 Maret 2021 21:05 WIB

Ilustrasi pelecehan seksual (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Bandung —

Masalah pelecehan seksual adalah hal yang terlihat sepele namun sebenarnya efeknya sangat luar biasa. Pelecehan seksual bukan hanya terjadi pada wanita, namun juga pada pria. Korban yang mengalaminya bisa mengalami perasaan trauma yang mungkin susah dihilangkan.

Di hari perempuan internasional yang jatuh hari ini, (08/03/2021) L’Oréal Paris dan Hollaback Jakarta berkolaborasi untuk menciptakan kampanye anti pelecehan seksual terutama pada wanita.

Maria Adina, marketing director of L’Oréal Paris mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan L’Oréal ditemukan bahwa 82% wanita di Indonesia mengalami pelecehan seksual. Lalu mereka yang pernah menjadi saksi, sebanyak 51% orang tidak melakukan apa-apa ketika melihat pelecehan seksual.

Sebanyak 91% responden menyebut bahwa mereka tak bisa membantu karena kurangnya pelatihan untuk menolong korban pelecehan seksual.

Untuk itu, L’Oréal dan Hollaback Indonesia meluncurkan kampanye 5D, untuk menolong korban pelecehan seksual di hadapan kita. Lalu apa sih 5D itu? Berikut penjelasannya.

Ditenangkan

Ketika terjadi pelecehan, kamu bisa membantu korban dengan menenangkannya. Korban bisa saja masih syok dengan kejadian yang baru saja menimpanya dan bukan pilihan yang tepat jika kamu justru menanyainya banyak hal. Lebih baik tenangkan ia, dan katakan kalau sekarang ada kamu yang akan menemaninya.

Dilaporkan

Ketika pelecehan terjadi, kamu bisa melaporkan apa yang kamu lihat pada orang sekitar. Misal kamu menemukan peristiwa itu di sebuah mall. Kamu bisa memanggil security dan memberitahukan bahwa ada tindakan pelecehan seksual yang mesti dicegah.

Dokumentasikan 

Kamu pasti membawa ponselmu kemana pun kamu pergi, kan? Kamu bisa saja memotret atau merekam kejadia tersebut sebagai barang bukti jika si korban ingin melaporkan kejadian yang menimpanya. Ingat! dokumentasi ini harus kamu simpan dengan bijak, ya! Jangan sampai kamu malah tak sengaja menyebarkannya melalui media sosial.

Ditegur

Kalau kamu punya keberanian lebih, kamu bisa menegur langsung si pelaku. Tetapi, tetap perhatikan kondisi sekitar, ya! Jangan sampai niat baikmu malah menjadi bumerang untuk dirimu sendiri.

Dialihkan 

Hal ini mungkin cara yang paling aman untuk dilakukan. Kamu bisa mengalihkan fokus si pelaku sehingga ia terdistraksi dan mengurungkanj perbuatannya. Kamu bisa berpura-pura untuk bertanya alamat pada si korban, berpura-pura menjadi temannya, atau hal lain yang bisa membantunya keluar dari pelecehan seksual.

Sebagai sesama wanita, kita harus lebih peka lagi dan saling tolong menolong ketika melihat kejadian yang tidak mengenakan menimpa wanita lain. Kalau kamu masih bingung untuk menentukan apa saja yang bisa kamu lakukan ketika melihat pelecehan seksual, kamu bisa mengikuti self training yang diadakan oleh L’Oréal Paris di sini

Selamat hari perempuan internasional, ya Beauty!