Menu

Catat Moms! Ini 8 Makanan yang Sebabkan Sembelit pada Bayi

31 Mei 2021 11:10 WIB

Ilustrasi bayi yang sedang ganti popok (Today's Parent/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Sembelit pada bayi terjadi ketika si kecil sulit buang air besar (BAB) sehingga intensitas BAB nya lebih sedikit daripada sebelumnya. Sembelit sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja dengan penyebab yang berbeda-beda.

Bayi biasanya BAB tiga sampai empat kali dalam seminggu ketika usianya 0-4 bulan. Hal ini karena ia hanya mengonsumsi makanan cair sehingga lebih mudah untuk dicerna. 

Mengutip dari berbagai sumber, ada juga bayi yang BAB setiap selesai menyusu, sedangkan bayi yang lain bisa butuh beberapa hari untuk BAB. Jadi, waktu BAB pada bayi masih belum terpola sehingga sulit menentukan apakah dia memang sembelit atau enggak.

Salah satu hal yang harus Moms perhatikan untuk mengantisipasi sembelit pada bayi adalah dengan mengontrol makanannya. Moms juga perlu tahu makanan apa saja yang berpotensi menyebabkan sembelit pada bayi. Mengutip dari berbagai sumber, (31/05/2021) yuk simak informasinya.

1. Susu Formula

Makanan penyebab sembelit pada bayi yang pertama adalah susu formula. Bayi sering diberi susu formula di tahun-tahun awal mereka. Tapi tahukah Moms, susu formula terdiri dari bahan-bahan yang sulit dicerna, yang dapat menyebabkan sembelit. Susu formula bahkan mengandung protein kompleks yang dapat mengeraskan kotoran dan menyebabkan sembelit.

2. Nasi

Makanan penyebab sembelit pada bayi yang kedua adalah nasi. Nasi dan bubur adalah dua makanan padat untuk bayi diawal-awal usianya. Kebanyakan para ibu mengenalkannya sebagai makanan pertama untuk bayi. Tetapi beberapa bayi dapat mengalami kesulitan mencerna nasi dan terserang sembelit.

3. Wortel

Wortel bila diberikan mentah atau dalam bentuk jus, biasanya baik untuk bayi. Tapi, jika Moms memberi makan wortel yang dimasak dengan uap atau kukus untuk bayi, hal ini dapat menyebabkan bayi mengalami sembelit. Wortel kukus cenderung memadatkan kotoran sehingga membuat bayi sulit buang air.

4. Apel

Apel diketahui dapat mengeraskan feses sehingga memakannya saat menderita diare dapat membantu. Tapi apel kukus, yang seringkali menjadi makanan bayi, bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Jadi jangan berikan apel kukus kepada bayi. Hindari juga memberikan saus apel kepada bayi karena mengandung protein pektin yang dapat mengeraskan feses.

5. Keju

Makanan penyebab sembelit pada bayi yang kelima adalah keju. Keju adalah sumber vitamin dan mineral esensial yang sangat baik dan merupakan makanan super untuk bayi. Biasanya diberikan kepada bayi sebagai camilan. Namun, keju rendah serat justru bisa menyebabkan sembelit pada bayi.

6. Kentang

Kentang biasa dengan kulitnya memiliki sekitar 3 gram serat dan dapat mencegah sembelit. Jika memberi bayi kentang dengan sayuran lain, itu tidak akan menjadi masalah. Namun, jika Moms memberinya keripik kentang atau kentang dengan mentega atau krim asam, bayi bisa mengalami sembelit.

7. Yoghurt

Yoghurt telah diketahui secara luas mengandung bakteri baik yang memperlancar pencernaan. Tapi, yoghurt juga memiliki efek mengikat zat makanan dan terkadang bisa menyebabkan sembelit pada anak.

8. Protein Susu

Protein susu dapat menyebabkan sembelit pada bayi. Protein susu selain di dalam ASI dapat menyebabkan masalah ini, dan sebagai orang tua, Moms perlu berhati-hati saat mulai memberikan susu formula kepada bayi. Kadang-kadang, bayi bahkan juga bisa mengembangkan alergi terhadap protein yang ada dalam ASI, yang bisa menyebabkan sembelit.

Nah itu beberapa makanan yang bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Hati-hati saat memberikan makanan untuk si kecil ya, Moms!