Menu

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Segera Digelar, Kondisi Si Kecil Seperti Ini Gak Boleh Ikut Ya Moms!

03 November 2021 11:10 WIB

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas (Shutterstock/Tatevosian Yana)

HerStory, Jakarta —

Yang ditunggu-tunggu akhrnya datang juga Moms, ya Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru saja mengeluarkan rekomendasi pembaruan terkait vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas.

Langkah tersebut sejalan dengan dikeluarkannya izin penggunaan darurat vaksin Coronavac produksi Sinovac untuk anak berusia 6 tahun s.d 11 tahun oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Adapun, dosis yang diberikan sebanyak 0,5 ml sebanyak dua kali dengan jarak pemberian dosis pertama dan kedua selama 4 minggu.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr Piprim Basarah Yanuars, mengatakan, rekomendasi terbaru ini dikeluarkan karena anak juga dapat tertular dan atau menularkan virus Covid-19 dari dan ke orang dewasa di sekitarnya.

Namun, yang perlu jadi catatan Moms, vaksinasi anak 6 tahun ke atas gak direkomendasikan jika anak memiliki atau mengalami kontraindikasi sebagai berikut:

  1. Defisiensi imun primer
  2. Penyakit autoimun tidak terkontrol
  3. Penyakit sindrom Gullian Barre yang merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Sindrom Gullian Barre atau Gullian Barre Syndrome (GBS) merupakan suatu peradangan yang terjadi di akar saraf tulang belakang, mulai dari leher, tangan sampai kaki. Kondisi ini juga bisa meluas sampai ke saraf kranial.
  4. Mielitis transversa, kondisi peradangan pada satu bagian di saraf tulang belakang.
  5. Acute demyelinatingencephalomyelitis (ADEM), jenis peradangan langka yang berdampak pada otak dan sumsum tulang belakang dan biasanya menyerang anak-anak.
  6. Anak dengan kanker dan menjalani kemoterapi atau radioterapi
  7. Anak yang sedang menjalani pengobatan imunosupresan atau sitostatika berat. Imunosupresan digunakan untuk menekan sistem imun sedangkan sitostatika untuk membunuh atau memperlambat perkembangan sel-sel kanker.
  8. Anak demam 37,5 derajat Celcius atau lebih
  9. Anak baru sembuh dari Covid-19 kurang dari 3 bulan
  10. Anak baru melakukan imunisasi lain kurang dari 1 bulan
  11. Anak atau remaja yang sedang hamil
  12. Anak dengan hipertensi dan diabetes melitus atau penyakit kronik atau kelainan kongenital yang tak terkendali

Fyi Moms, IDAI juga memberikan catatan bahwa anak dengan kanker dan dalam fase pemeliharaan, penyakit kronis atau autoimun yang terkontrol dapat mengikuti panduan imunisasi umum dengan berkonsultasi dengan dokter yang menangani.

Selain itu, sebelum dan sesudah vaksinasi protokol kesehatan tetap ditegakkan termasuk mengenakan masker dengan benar, menjaga jarak, tidak berkerumun, tidak bepergian bila tidak penting dan mendesak.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Moms!