Menu

Tak Hanya untuk Kesehatan Rambut, Ini 6 Manfaat Jus Lidah Buaya Bagi Pasien Diabetes

15 Desember 2021 14:18 WIB

Tanaman lidah buaya. (Pixabay/Rosina-Sch)

HerStory, Rembang —

Ketika kamu terdiagnosis mengidap diabetes, upaya pengelolaan gula darah harus dilakukan untuk mencegah komplikasi. Selain mengonsumsi obat dari dokter, kamu juga harus menjalani pola hidup sehat, nih Moms.

Hindari pula makan makanan yang bisa memicu naiknya kadar gula darah juga, ya. Kamu bisa mengonsumsi jus lidah buaya karena jus ini dipercaya mampu melawan diabetes.

Banyaknya nutrisi pada lidah buaya, membuat jus lidah buaya memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat tersebut, yaitu:

1. Sebagai hipoglikemik

Lidah buaya memiliki manfaat untuk kemampuan hipoglikemik (munurunkan kadar gula darah) yang kuat. Karenanya, tanaman ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Bahan kimia lainnya yang terkandung di dalam lidah buaya, seperti kromium dan alpogren juga bisa berkhasiat untuk menurunkan gula darah. Kromium dipercaya berperan dalam merangsang sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Memiliki kandungan glukomanan dan antrakuinon yang tinggi

Kandungan glukiomanan merupakan polisakarida dari jenis hemiselulosa yang terdiri dari rantai galaktosa, glukosa, dan mannose, sehingga mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh tubuh. Karena itulah kadar gula darah bisa turun secara signifikan.

Baca Juga: Moms, Segera Hentikan! Ini Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Lidah Buaya, Bahayanya Bisa Serius!

Sedangkan antrakuinon yaitu glikosida dalam sari lidah buaya yang berfungsi sebagai obat alami untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak, dan memiliki efek hipoglikemik. Zat ini sangat diperlukan dalam proses pengobatan dan mencegah komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.

3. Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan dan a=sifat anti-inflamasi yang tinggi di dalam lidah buaya mampu melindungi tubuh dari kemungkinan cedera yang terjadi pada penderita diabetes, seperti bisul. Selain itu, antioksidan ini juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi pada ginjal, otak, dan jantung.

Baca Juga: Gak Hanya Terasa Lezat hingga Meggoyang Lidah, 5 Makanan Indonesia Ini Ternyata Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Nih!

4. Mendorong produksi insulin

Jus lidah buaya juga digunakan sebagai alternatif yang bagus untuk suntikan insulin. Ini karena jus lidah buaya tidak memiliki efek samping yang berpotensi membahayakan.

Selain itu, tanaman ini juga mampu mendorong produksi insulin. Oleh karena itu, lidah buaya dapat mengendalikan hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi.

5. Membantu menurunkan kadar gula

Beberapa penelitian menemukan bahwa dengan me ngonsumsi 2 sendok makan lidah buaya per hari dapat menurunkan kadar gula darah pad penderita diabetes tipe 2. Namun, harus tetap hati-hati ya Mom kalau memilih lidah buaya untuk menurunkan gula darah, apalagi kalau sedang mengonsumsi obat diabetes.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terkebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jus lidah buaya untuk mengobati masalah kesehatan tertentu. Ini karena penting untuk mencegah efek samping.

6. Mencegah dehidrasi dan peradangan

Tanaman berduri ini sangat cocok untuk mengobati dan mencegah dehidrasi. Kalau kamu gemar melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi jus lidahbuaya bisa mengembalikan stamina yang hilang setelah beraktivitas.

Lidah buaya juga membantu mencegah peradangan dalam tubuh karena sifat anti-inflamasi yang dapat menghambat dan menekan reaksi peradangan.

Itulah manfaat jus lidah buaya yang jarang diketahui orang. Namun, meski memiliki banyak manfaat, kamu tetap harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya untuk mengatasi masalah kesehatan yang kamu alami. Semoga berhasil, ya Moms.

Baca Juga: Kenali Warna Lidah yang Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan, Bisa Pertanda Penyakit Ginjal!

Artikel Pilihan