Menu

Tak Hanya Dialami Lansia, Usia Muda Juga Bisa Terserang Penyakit Jantung, Lho. Ini Ciri-cirinya……

20 Desember 2021 10:05 WIB

Ilustrasi seorang wanita terkena serangan jantung. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Menurut laporan WHO pada tahun 2019, ada sekitar 17,7 juta orang di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja, tanpa mengenal usia, ya Moms. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri penyakit jantung sedini mungkin. Berikut ini beberapa ciri penyakit jantung di usia muda.

1. Tubuh mudah lemas

Tubuh lemas setelah beraktivitas seharian memang kondisi yang wajar terjadi. Namun, beda halnya kalau tiba-tiba kamu merasa mudah lemas atau napas terengah-engah setelah melakukan aktivitas ringan yang sebelumnya tidak membuatmu lelah, bisa jadi ini menandakan adanya gangguan pada jantung.

2. Nyeri dada yang menjalar ke leher atau lengan

Munculnya nyeri dada berat secara mendadak bisa menjadi salah satu ciri khas dari penyakit jantun di usia muda maupun tua, ya. Nyeri ini akanmuncul secara mendadak dan menjalar ke lengan, leher, atau rahang.

Baca Juga: Benarkah Tangan Berkeringat Jadi Tanda Penyakit Jantung? Ini Fakta Sebenarnya...

Sebagian orang menggambarkan kalau sensasi nyeri tersebut dirasakan sebagai nyeri tajam, kuat, dan berat. Bahkan nyeri akibat penyakit jantung juga bisa menyebar hingga ke bahu.

3. Pusing

Ada banyak hal yang bisa membuatmu merasa pusing, mislanya kurang makan atau minum, stres, bahkan kelelahan. Hanya saja, jika pusing muncul secara tiba-tiba dan disertai rasa tidak nyaman, nyeri atau sesak di dada, kamu perlu waspada dan sebaiknya segera hubungi dokter. Nah, gejala pusing yang demikian bisa jadi salah satu gejala penyakit jantung, Moms.

4. Nyeri ulu hati

Nyeri ulu hati disertai mual sering kali disebabkan oleh gangguan pada lambung atau masalah pencernaan, ya Moms. Tapi gejala ini terkadang bisa juga muncul akibat enyakit jantung. 

Nah, kalau kamu memiliki faktor risiko terserang penyakit jantung, sebaiknya jangan abaikan gejala nyeri ulu hati yang muncul secara mendadak, ya. Hal ini karena gejala tersebut bisa jadi salah satu ciri penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Kepiting yang Sayang untuk Dilewatkan, Salah Satunya Menyehatkan Jantung!

5. Sakit rahang atau tenggorokan

Ciri penyait jantung berikutnya yaitu nyeri ddadi yang menjalar ke bagian tubuh lain. Seperti yang telah dijelasan sebelumnya, nyeri dada bisa menjalar ke leher, rahang, atau tenggorokan.

6. Keringat dingin

Ciri berikutnya yaitu seseorang dapat mengalami keringat dingin atau keringat berlebih secara tiba-tiba. Ciri penyakit jantung di usia ini bis amuncul bahkan saat kamu sedang tiak melakukan aktivitas atau sedang berada di ruangan yang sejuk.

Gejala Penyakit Jantung di Usia Muda Lainnya 

Selain ciri penyakit jantung yang telah dipaparkan di atas, penyakit jantung juga bisa menimbulkan beberapa gejala lain, seperti:

  • Sesak napas
  • Dada berdebar
  • Detak jantung lebih cepat atau lebih lambat
  • Pembengkakan di kaki, perut, atau seitar mata
  • Muncul rasa cemas atau gelisah
  • Pucat
  • Pingsan
  • Mata berkunang-kunang

Penyakit jantung merupakan penyakit seriusa yang harus ditangani dengan segera oleh dokter. Semakin lambat penanganannya, maka semakin tinggi risiko terjadinya komplikasi seperti kerusakan jantung permanen bahkan kematian.

Baca Juga: Gak Berjerawat Saat Remaja Jadi Tanda Penyakit Jantung, Cek Gejala Tak Biasa Lainnya Ini Beauty!