Menu

Samakan Keluarga Bibi dengan Bandar Narkoba, Pengacara Doddy Disemprot Sahabat Vanessa Angel: Belajar Hukum tapi Etika Tidak Tahu!

14 Januari 2022 19:15 WIB

Emma Waroka dan Vanessa Angel (Instagram/vanessaangelofficial)

HerStory, Depok —

Baru-baru ini, pengacara Doddy Soedrajat kembali menuai kontroversi. Usai sidang mediasi soal perwalian Gala gagal, salah satu pengacara mengucap pernyataan mengejutkan.

Awalnya, wartawan menanyai sang pengacara soal kemungkinan mempertimbangkan kenyamanan Gala sebagai salah satu syarat terkait perwalian. Ini karena selama ini, Gala sudah lama diasuh oleh keluarga Bibi Andriansyah.

"Kita kan mengacu pada KHI (kompilasi Hukum Islam), karena di KHI hak atas anak dibawah umur itu yang mendapatkan hak tersebut adalah ibu. Ibu meninggal garis keturunan teratas atau dibawahnya yang punya hak tersebut," kata pengacara.

"Tapi kemarin Komnas PA mengatakan kalau iya hukum akan berlaku, tapi situasi, kondisi, kenyamanan anak juga perlu diutamakan," tanya wartawan.

Namun pengacara Doddy menilai perasaan nyaman tak bisa dijadikan dasar kuat untuk memutuskan soal perwalian. Ia lantas membahas soal analogi anak merasa nyaman meski diasuh bandar narkoba.

"Iya betul. Tapi KHI udah jelas, kalau emang anak tersebut nyaman, kita ambil analoginya anak tersebut nyaman kepada bandar narkoba apakah tetap akan disana? (diasuh sang bandar). Tidak juga," kata pengacara. "Ada kapabilitas di situ, tidak hanya kenyamanan."

"Maksudnya itu bukan buat menggambarkan keluarga Pak Faisal, tapi tadi kan, ketika anak tersebut nyaman diasuh bandar narkoba, apakah negara tidak bisa mengambil anak tersebut? Bisa kan? Karena ada di UU soal perwalian. Ada klasifikasinya siapa yang berhak dan diutamakan mendapat perwalian," pungkasnya.

Video wawancara itu akhirnya viral dan memicu kontra di mata netizen. Bahkan Emma Waroka, sahabat Vanessa Angel ikut emosi menanggapinya.

"Lagi musim lawyer asbun," kata Emma. "Yuk dipakai ilmunya, bapak-bapak yang terhormat #teammamagalaonline."

Emma lantas mengunggah ulang ulasan sebuah akun terkait makna analogi. Akun tersebut mengungkap jika analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan.

"LAWyer, tapi bicara TIDAK BERATURAN. Apapun yang diucapkan lawyer secara tidak langsung, MEWAKILI KLIEN. Apa mimin pernah terlewat? Kok rasanya pak @sandyarifinsh dalam membela klien tidak pernah menjelekkan lawan seperti yg sering dilakukan pihak itu. Kenapa ya?" seru akun tersebut. "Belajar hukum 4 tahun tapi analogi dan etika tidak tahu."

Artikel Pilihan