Menu

Gak Selamanya Buruk! Rebahan Baik untuk Kesehatan, Asal...

31 Mei 2022 20:35 WIB

Ilustrasi perempuan sedang tertidur di atas sofa dengan buku yang menutupi wajahnya. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Yeay, besok libur nih! Biasanya apa yang Beauty lakukan saat liburan? Apakah kamu termasuk kaum rebahan di rumah? Ya, pada sebagian orang, rebahan menjadi salah satu kegiatan yang bertujuan untuk sekadar melepas penat.

Namun, ternyata berbaring dan rebahan, khususnya rebahan di lantai, ada juga manfaat kesehatannya. Berikut beberapa poin positif rebahan di lantai dilansir dari berbagai sumber, yaitu:

1. Melegakan sakit punggung

Harvard Medical School menjelaskan bahwa kasur yang empuk bisa membuat tubuh tenggelam sehingga menyebabkan tulang belakang melengkung dan menciptakan sakit punggung.

Untuk mengobatinya, sebuah artikel pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Health menghimbau agar pasien tidur di lantai selama beberapa waktu.

Meski belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan hal ini, namun memang rebahan bisa memberikan kelegaan dan kesembuhan lebih cepat.

2. Bisa atasi linu

Linu panggul adalah rasa sakit yang melibatkan saraf di panggul, yang membentang dari punggung bawah ke pinggul, bokong, dan setiap kaki. Seperti sakit punggung, linu panggul dapat diperbaiki dengan tidur di lantai.

Sebab, permukaan yang keras dapat menyembuhkan linu panggul karena meluruskan punggung dan membuat persendian kamu rileks.

Meski demikian, manfaat yang dilaporkan adalah anekdotal. Jadi jika kamu menderita linu panggul, bicarakan dengan dokter atau terapis fisik sebelum mencoba tidur di lantai.

3. Perbaikan postur tubuh

Tidur di kasur dipercaya dapat membiarkan kurva tulang belakang kami dalam keadaan tegang. Sebaliknya, banyak orang mengatakan bahwa ketegasan lantai membantu tulang belakang tetap lurus.

Meski demikian, ini tidak berlaku pada beberapa postur tubuh yang salah seperti skoliosis atau kyphosis. Tanyakan dahulu kepada dokter apakah tidur di lantai itu aman untuk kamu dengan postur tubuh demikian agar tidak salah kaprah.

Artikel Pilihan