Menu

Sebut Bukan Miliader Selama Kampanye, Segini Harta Kekayaan Milik Kamala Harris, Wakil Presiden Terpilih AS

09 November 2020 11:35 WIB

Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)

HerStory, Jakarta —

Nama Wakil Presiden Amerika Serikat terpilih, Kamala Harris kini tengah menjadi sorotan dunia. Ia berhasil menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi Wapres di Amerika Serikat. Ia akan mendampingi Joe Biden yang menjadi Presiden terpilih dalam mengemban tugas negara. 

Joe Biden diketahui telah mengalahkan Presiden Donald Trump, untuk menjadi presiden terpilih AS ke-46. Ia berhasil melewati 270 suara Electrocal College dengan kemenangan di Pennsylvania.

Sejak ditunjuk sebagai calon Wapres, nama Kamala Harris memang sudah disorot. Pemilik nama lengkap Kamala Devi Harris ini disebut-sebut sebagai Senat AS 'paling mengerikan'. Putri dari imigran Jamaika dan India ini dikenal sebagai juru kampanye yang karismatik.

Saat melakukan kampanye menjelang Pilpres AS 2020, Harris  menyebut dirinya bukan seorang milader. Ia menggalang dana di tiap kota selama kampanye, lantaran enggak bisa mendanai kampanyenya sendiri.

Meski menyebut dirinya bukan seorang miliader, Harris termasuk sebagai seorang jutawan dan menjadi salah satu kandidat Partai Demokrat yang memiliki penghasilan tinggi.

Seperti yang dikutip dari laman Marie Claire, Senin (9/11/2020), menurut Fortune, kekayaan bersih Harris diperkirakan sekitar USD 6,3 juta, yang membuatnya lebih kaya daripada Jode Biden menurut beberapa perkiraan.

Berikut rincian harta kekayaan dari Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat, Kamala Harris:

Karier politik

Harris terpilih sebagai jaksa wilayah di San Fransisco pada tahun  2003. Menurut Forbes, dia menghasilkan lebih dari USD 140.000 tahun itu, dan akhirnya meningkat dan menghasilkan hingga USD 260.000 setahun selama dia menjabat sebagai jaksa wilayah. Pekerjaannya itu membuat Kamala Harris memiliki uang pensiun sekitar USD 250.000.

Ketika Harris menjadi jaksa agung di California pada 2010, menurut laporan pajaknya yang diperoleh The New York Times, ia menghasilkan USD 160.000 dalam setahun. 

Tujuh tahun kemudian, ketika terpilih menjadi anggota Senat AS, gajinya sedikit meningkat. Ia diketahui memiliki penghasilan USD 157.352 per tahun, per catatan pajak.

Aset bersama Douglas Emhoff

Harris menikah dengan seorang pengacara bernama Douglas Emhoff pada 2014. Bersama-sama, mereka memiliki tiga rumah yang masing-masing berada di Los Angeles, Washington DC, dan San Fransisco. Menurut Forbes, perkiraan biaya aset yang dimilikinya tersebut senilai USD 5,8 juta.

Harris dan Emhoff juga telah menghasilakn sekitar USD 8,2 juta. Sebagian besar berasal dari pekerjaan Emhoff di firma hukum Venable dan DLA Piper.

Dari bukunya

Harris juga diketahui telah menerbitkan buku, di mana ia menerima uang muka sebesar USD 556.000. Buku yang berhasil diterbitkan, diantaranya ialah  Smart on Crime: A Career Prosecutor's Plan to Make Us Safer , dan buku bergambar anak-anak berjudul Superheroes Are Everywhere .

Enggak cuma itu, memoarnya di tahun 2019, The Truths We Hold: An American Journey, berhasil menghasilkan USD 320.125 dari menulis buku tersebut.