Pada umumnya penyakit kolesterol tinggi disebabkan oleh pola hidup yang gak sehat. Salah satunya mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Menurut ilmiah kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan oleh tubuh. Kadar kolesterol yang normal dalam tubuh memiliki berbagai macam fungsi diantaranya membuat hormon seks, hormon korteks, adrenal, viamin D, dan membuat garam empedu.

Normalnya kadar kolesterol dalam tubuh gak lebih dari 200 mg/dl. Orang yang menderita kolesterol tinggi biasanya lebih dari itu. Jumlah kadar kolesterol yang melebihi batas normal dapat terjadi penumpukkan sehingga muncul gejala-gejala yang menganggu aktivitas.

Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan adanya penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah hingga penyumbatan serta pemblokiran aliran darah.

Akibatnya, jumlah suplai darah ke jantung berkurang sehingga terjadi nyeri di dada atau agngina dan bisa menjurus ke serangan jantung. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Dilansir dari berbagi sumber (17/03/2021), berikut jenis makanan yang mengendung kolesterol tinggi.

Baca Juga: Gak Hanya Kolesterol Tinggi, Ini Akibat Makan Gorengan Berlebihan