Menu

Camkan, Beauty! Hindari Mengucapkan 6 Hal Ini pada Orang dengan Gangguan Anxiety

06 Desember 2021 13:45 WIB
Camkan, Beauty! Hindari Mengucapkan 6 Hal Ini pada Orang dengan Gangguan Anxiety

Wanita depresi (Unsplash/ Dev Asangbam)

5. 'Semuanya akan baik-baik saja'

Inilah ungkapan lain yang menutup percakapan dan membuat orang yang anxiety merasa sendirian.

"Ini mengirimkan pesan bahwa orang-orang di sekitar mereka tak dapat mendukung mereka atau menoleransi emosi mereka, dan kemudian mereka terjebak merasa tidak berdaya karena mereka menghadapinya sendiri," kata Green.

Plus, dapatkah kamu benar-benar mengatakan dengan kepastian 100 persen bahwa semuanya benar-benar akan baik-baik saja?

Lantas, apa yang sebaiknya dikatakan?

Untuk menawarkan lebih banyak dukungan, pertama-tama biarkan orang tersebut berbicara melalui kekhawatirannya.

"Tidak memiliki kesempatan untuk berbicara, menciptakan lebih banyak kecemasan," kata Green.

Kemudian, setelah mereka melewati banyak hal, cobalah untuk mengalihkan fokus pada sesuatu yang dapat dilakukan orang tersebut untuk merasa lebih berdaya.

6. 'Bernafas saja!'

Menurut Mayo Clinic, latihan pernapasan dapat membantu mengatasi kecemasan. Napas dalam perut membantu menyeimbangkan fungsi saraf otonom tubuh, yang pada gilirannya dapat mengurangi perasaan cemas atau stress.

Tetapi menyuruh seseorang untuk ‘bernafas saja’ mungkin tak akan mendorong mereka untuk berhenti dan melakukannya.

"Itu bisa membuat seseorang merasa ada yang salah dengan mereka, seperti mereka harus pergi ke sudut dan bernapas," kata Kitley.

Lalu, apa yang sebaiknya dikatakan?

Langkah yang lebih bermanfaat adalah menanyakan kepada orang tersebut apakah mereka ingin kamu menarik napas dalam-dalam bersamanya.

"Itu memungkinkan kamu menjadi bagian dari solusi, alih-alih menyuruh seseorang melakukan sesuatu atau menawarkan saran umum," kata Kitley.

Alih-alih mendorong latihan pernapasan saat orang tersebut stres, tunggu sampai mereka tenang dan sarankan untuk berlatih pernapasan untuk mempersiapkan saat berikutnya mereka merasa cemas.

Nah, semoga informasinya bermanfaat ya, Beauty!

Baca Juga: Pernah Merasa Anxiety, Bahaya Gak Ya? Cek Penjelasan Psikolog Ini

Baca Juga: Jangan Cemas Lagi Beauty, Begini Tips Jitu Atasi Anxiety!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: