Memiliki kulit wajah yantik, sehat, dan terawat tentu didambakan oleh setiap wanita. Beragam perawatan kecantikan pun akan dilakukan, salah satunya dengan menggunakan masker wajah. Di pasaran, banyak beragam masker wajag dengan khasiat dan kegunaaannya masing-masing. Namun sayangnya, enggak menutup kemungkinan kalau maker tersebut mengandung bahan kimia yang membahayakan di dalamnya. 

Biar lebih aman lagi, kalau kamu menggunakan masker wajah dengan bahan alami yang dibuat sendiri di rumah. Enggak perlu merogoh kocek terlalu dalam, masker wajah berbahan organik ini juga mudah dibuat lho! Penaran dan tertarik membuat masker organik di rmah? Yuk intip bahan apa saja yang bisa digunakan seperti dikutip dari laman sindikasi Florent Beauty, Kmais (18/6/2020).

Baca Juga: Jalani New Normal, Intip Tips dan Trik Merias Wajah saat Menggunakan Masker, Catat Baik-Baik Guys!

Santan dan tomat

Perpaduan masker organik santan dan tomat ini bisa membuat kulit wajah cerah seketika. Tomat memiliki senyawa lycopene yang merupakan komposisi yang tepat untuk mencerahkan kulit. Sedangkan santan, kandungan di dalamnya mampu memperbaiki warna kulit wajah yang enggak merata serta mampu memelihara kesehatan kulit.

Cara membuatnya cukup mudah kok. Siapkan 2 potong kecil tomat dan 2 sendok santan. Celupkan tomat ke dalam santan dan oleskan lapisan pertama ke seluruh wajah. Setelah lapisan pertama mengering, buat 2-3 lapisan berikutnya dan biarkan semalaman.

Kunyit dan  lidah buaya

Kalau campuran masker organik yang satu ini, cocok banget buat Beauty yang memiliki kulit berminyak. Kunyit akan membuat warna kulit jauh lebih cerah dan merata. Enggak cuma itu, kandungan dalam kunyit juga bisa mengobati jerawat lho! Sementara itu, gel Aloe Vera akan menyejukkan kulit dan wajah akan tetap terhidrasi, serta mengandung antioksidan yang bisa menghancurkan racun di kulit dan mencegah infeksi.

Oleh karena itu, campuran dua bahan ini sangat sempurna untuk mengatasi sejumlah masalah kulit, salah satunya ialah kulit berminyak. Untuk membuatnya, campur 1 sendok makan bubuk kunyit dan 2 sendok makan gel Aloe Vera. Oleskan secara merata ke wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Masker Buah Alami untuk Atasi Kulit Kering, Mudah Dibuat lho!

Baca Juga: Gak Perlu Ribet! 5 Masker Alami Ini Bisa Mencerahkan Wajah

Bubuk kayu manis dan madu

Nah, kalau campuran dua bahan ini mampu membersihkan jerawat pada wajah. Kayu manis dan madu memiliki sifat antibakteri yang mempu mengusir jerawat. Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis, olesi pada seluruh wajah hingga merata. Diamkan selama 30 menit dan oles menggunakan air bersih.

Madu dan putih telur

Kalau kamu ingin membersihkan komedo dari wajah, kamu bisa gunakan campuran dua bahan ini. Putih telur akan menutrisi kulit dan juga membuat wajah lebih kencang. Campuran putih telur bisa mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Oleskan campuran putih telur dan madu pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gampang banget kan?

Baca Juga: Wow! Ini 3 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah yang Lebih Memukau

Putih telur dan lidah buaya

Terakhir, kamu bisa membuat masker organik campuran dua bahan ini untuk membuat kulit agar awet muda. Telur mengandung kolagen dan protein, kombinasi bahan ini dapat melawan peradangan, garis, dan kerutan serta meningkatkan elastisitas kulit, sehingga wajah tetap awet muda.

Campurkan satu sendok lidah buaya dan 2 sendok gel lidah buaya, diamkan hingga kulit terasa tertarik sekitar 10-15 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

Semoga bermanfaat!