Menu

From Zero to Hero, Mengulik Perjalanan Karier Chun Ling: Satu-satunya Wanita di Jajaran Direksi GEGI, Seperti Apa?

18 Oktober 2022 19:10 WIB
From Zero to Hero, Mengulik Perjalanan Karier Chun Ling: Satu-satunya Wanita di Jajaran Direksi GEGI, Seperti Apa?

Linggawati Tok (Cong Chun Ling) selaku Direktur Marketing Great Eastern General Assurance Indonesia (HerStory/Sufri Yuliardi)

HerStory, Jakarta —

Membangun karier dari titik nol merupakan sebuah perjalanan baru yang penuh tantangan bagi setiap orang. Hal ini juga dirasakan oleh Linggawati Tok (Cong Chun Ling) yang kini menjabat sebagai Direktur Marketing Great Eastern General Insurance (GEGI) Indonesia. Jika ditelusuri kembali, Chun Ling merupakan sosok yang meniti karier dari dasar dan membangunnya hingga kini berhasil menduduki kursi salah satu petinggi di perusahaan jasa asuransi Indonesia.

Nah, Beauty, pasti penasaran bukan bagaimana cara Chun Ling membangun karier sebagai seorang wanita, ibu, dan pemimpin? Ternyata pencapaian ini bukanlah didapatkan secara instan. Proses yang dilalui cukup panjang.

Lewat interview eksklusif bersama HerStory, Chun Ling menyebutkan bahwa ada berbagai tantangan yang mendewasakan dirinya hingga akhirnya berhasil duduk di posisi sekarang. Ia menegaskan bahwa proses tumbuh menjadi hebat harus melewati berbagai tantangan serta menunjukkan prestasi yang menjanjikan.

“Setiap saya dipromosikan itu merupakan tantangan sampai hari ini saya menjabat menjadi salah satu direksi. Yang mana itu buat saya merupakan proses yang membuat saya semakin hari itu semakin matang dan sampai hari ini saya masih bisa menduduki jabatan itu dengan yang tentunya kepercayaan dari semua pihak,” ungkapnya kepada tim HerStory (14/10/2022).

Melangkahkan kaki pertama kali di bidang jasa keuangan pada tahun 1983 menjadi pengalaman berharga baginya. Berawal dari perusahaan lokal yang kemudian joint venture hingga ganti kepemilikan, Chun Ling berhasil bertahan bahkan terus melangkah ke depan. Hingga kini ia menjadi salah satu pemimpin dan berada di jajaran direksi GEGI.

Gimana, sih, tantangan yang dihadapi Chun Ling sebagai wanita karier?

Menariknya, Chun Ling memandang bahwa gender bukanlah suatu hal yang menghalangi kemajuan karier seseorang. Ia yakin bahwa wanita memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan pria. Hal ini memang butuh kepercayaan diri dan pembuktian diri bahwa wanita itu sanggup, kok, untuk bekerja seperti pria.

“Selama kita (wanita) punya rasa kepercayaan diri bahwa kita bisa dan kita gak pernah ragu bahwa apa yang kita lakukan itu adalah benar-benar sesuatu yang harus kita kontribusikan. Dan tentunya kita punya talenta untuk menunjukkan kepada tim kita bahwa kita itu punya kapasitas menjadi seorang pemimpin yang memang dipercaya oleh tim,” tegasnya

Ia juga merasa beruntung sebab GEGI merupakan perusahaan yang memberikan kenyamanan untuk berpendapat, berkontribusi, dan berkembang. Ia merasa senang suaranya sebagai pemimpin wanita dapat didengar bahkan berperan dalam membuat kebijakan manajemen.

“Manajemen GEGI gak pernah melihat gender sebagai salah satu yang didiskriminasi. Sepanjang kita bisa menunjukkan bahwa punya kapasitas itu (kemampuan). Sepanjang kita bisa memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan, gak ada hambatan apapun agar kita dipercaya dan didengar,” ungkap Chun Ling.

Baca Juga: HEBAT! Semasa Kuliah Makan Sehari Sekali Pakai Kerupuk, Wanita Ini Dapat Beasiswa S2

Baca Juga: Tetap Semangat, Maya Hawke Bercerita Soal Penyakit Disleksia yang Dideritanya..

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: