Menu

Selain Wortel, 7 Makanan Ini Baik untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anak

Kintan Nabila
13 November 2020 09:40 WIB
Selain Wortel, 7 Makanan Ini Baik untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anak

Anak sedang makan (Pinterest/Edited by HerStory)

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga masuk ke dalam makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak. Moms bisa memilih kacang almond, pistachio, dan kenari untuk dimasukkan ke dalam menu harian Si Kecil. Ketiga kacang ini kaya akan vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan, yang bisa membantu menjaga penglihatan anak. 

5. Blueberry dan anggur

Rutin mengonsumsi blueberry maupun anggur bisa meningkatkan penglihatan saat malam dan adaptasi dalam gelap karena anthocyanin yang dikandungnya. Blueberry juga bisa mengurangi kelelahan mata. Buah-buahan ini juga mengandung flavonoid seperti quercitin, resveratrol serta selenium dan seng untuk membantu menguatkan penglihatan.

6. Daging Sapi dan Ayam Tanpa Lemak

Ada juga lauk-pauk untuk menjaga kesehatan mata anak. Misalnya, daging ayam atau sapi tanpa lemak yang banyak mengandung zinc atau seng. Zat ini bisa membawa vitamin A dari hati ke retina, untuk membuat pigmen pelindung melanin. 

7. Sayuran berdaun hijau

Bayam, kale, brokoli, sawi, dan semua sayuran berdaun hijau membantu meningkatkan penglihatan. Sayuran super ini mengandung beragam vitamin dan mineral, termasuk Vitamin A, Vitamin C, dan kalsium. Terutama bayam sarat dengan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Halaman: