Menu

Keke Palmer Bagikan Foto Wajah Breakout karena Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), Apa Itu PCOS?

03 Desember 2020 15:55 WIB

Potret Keke Palmer yang sedang breakout (Instagram/Keke)

HerStory, Jakarta —

Keke Palmer membagikan foto dirinya yang sedang jerawatan parah dengan memberi edukasi atas penyakit kulit yang ia derita.

Bagi kami orang biasa, mudah untuk berasumsi bahwa setiap selebritas memiliki cukup uang untuk membuat kulit mulus dengan semua prosedur dan perawatan yang mungkin dapat mereka akses dengan mudah. Itu memang benar, tetapi jenis kulit yang berbeda-beda ternyata enggak sebegitu mudahnya mendapatkan perawatan kulit maksimal. Keke Palmer contohnya.

Pada 1 Desember 2020, aktris Hollywood tersebut mengunggah potret selfie bebas makeup ke Instagram dan mengungkapkan bahwa dia telah mengalami jerawat yang parah karena sindrom ovarium polikistik (PCOS).

"Bagi sebagian kamu Anda ini mungkin sudah tahu, tetapi bagiku platformku selalu digunakan untuk hal-hal yang jauh lebih besar (untuk memberikan informasi). Sindrom Ovarium Poli Kistik telah menyerangku dari dalam ke luar sepanjang hidup dan aku enggak tahu lagi," tulisnya di pada keterangan foto. 

"Jerawatku begitu parah sehingga orang-orang terdekatku menawarkan untuk membantu memperbaikinya."

Keke mangaku sudah melakukan berbagai solusi yang direkomendasikan untuk pengobatan jerawatnya. Dari Accutane, (alias isotretinoin, retinoid yang dikonsumsi), makan makanan tertentu, minum banyak air dan itu semua enggak membantu. Sampai akhirnya ia menyadari penyebab jerawatnya adalah PCOS.

PCOS adalah Gangguan hormonal yang menyebabkan pembesaran ovarium dengan kista kecil di tepi luar.

Penyebab sindrom ovarium polikistik belum begitu dipahami, tetapi dapat melibatkan perpaduan faktor genetik dan lingkungan.

Gejala berupa menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, dan obesitas. 

"Aku harus melihat secara pribadi keluargaku yang memiliki riwayat diabetes dan obesitas, untuk memahami apa yang SEBENARNYA terjadi dengan diriku," lanjutnya. 

PCOS adalah kelainan hormonal yang paling umum terjadi pada orang yang memiliki ovarium dan pada usia reproduksi. Penelitian belum menentukan penyebabnya, tetapi menurut Mayo Clinic, gen tertentu dan kelebihan insulin mungkin menjadi salah satu penyebabnya. 

Cepat sembuh, Keke Palmer.

Artikel Pilihan