Menu

Menolak Vaksin dan Memilih Untuk Bayar Denda, Segini Harta Kekayaan Anggota DPR Ribka Tjiptaning

15 Januari 2021 16:00 WIB

Ribka Tjiptaning (YouTube/dpr.id)

HerStory, Jakarta —

Ribka Tjiptaning sedang ramai dibicarakan setelah dengan tegas menolak untuk divaksin. Pernyataan penolakannya dengan lantang ia surakan pada rapat kerja Komisi IX DPR RI yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. 

Menurut anggota Komisi IX DPR RI fraksi PDIP ini, suntik vaksin hanya akan menjadi proyek dagang obat. 

"Dari Maret lalu saya udah ngomong dalam rapat ini begitu COVID ini ujung-ujungnya jualan obat, jualan vaksin habis ini karena sekarang udah bukan masanya APD, nanti habis ini obat ramai, habis obat. Nah ini kan jago ekonomi nih menterinya. Nah ayo Wamennya BUMN pasti ditaruh buat begitu dah, habis ini stunting sudah tahu nih, sudah dipola kaya begitu kesehatannya nih untuk dagang," terangnya. 

Ia juga masih meragukan vaksin yang baru terbit ini. Ia takut keulang kejadian reaksi fatal kepada orang-orang tertentu yang tubuhnya menolak faksin seperti yang sudah-sudah terjadi.

"Ini pengalaman saya saudara menteri (Budi Gunadi Sadikin) vaksin polio untuk antipolio malah lumpuh di Sukabumi, terus anti kaki gajah di Majalaya mati 12 karena di India ditolak, dia di Afrika ditolak," ujar Ribka.

Ribka berujar, lebih baik ia membayar denda daripada harus dipaksa untuk disuntik vaksin. Pemaksaan ini menurutnya juga bagian dari pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Mendingan gua bayar. Jual mobil nggak apa-apa," ujarnya.

"Kalau dipaksakan pelanggaran HAM (Hak Asasi Masyarakat). Enggak boleh," tambah Ribka.

Dengan berani ingin bayar saja daripada harus disuntik vaksin, ternyata Ribka Tjiptaning memang mempunyai harta kekayaan yang cukup fantastis.

Setelah ditelurusi melalui laman elhkpn.kpk.go.id, total kekayaan Ribka mencapai Rp2,6 miliar. Harta sebesar itu terbagi menjadi beberapa bidang tanah dan barang mewah.

Ia dilaporkan memiliki 3 bidang tanah dan bangunan di daerah Tangerang dengan total Rp2,3 miliar atau Rp2.303.898.000. Dokter sekaligus wakil rakyat ini juga memiliki mobil pribadi yaitu Mitsubishi Minibus dan Honda CR-V tahun 2015 dengan kedua harta Rp275 juta.

Ribka juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp8.917.100 beserta kas dan setara kas sejumlah Rp48.632.000. Ribka dicatat enggak memiliki utang ataupun surat berharga lainnya. Jumlah harta kekayaannya bersih mencapai Rp2.636.447.100.

Artikel Pilihan