Menu

Pesan Dian Sastrowardoyo Untuk Kamu yang Menggeluti UMKM

20 Januari 2021 17:30 WIB

Dian Sastrowardoyo dalam Webinar M-Class Keempat (pressrelease/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Sebagai seorang artis dan entrepreneur, Dian sastrowardoyo juga menunjukkan kepeduliannya terhadap pelaku bisnis UMKM. Menurutnya, UMKM adalah bidang usaha yang perlu mendapatkan apresiasi dan dukungan lebih dari masyarakat.

Hal ini ia katakan dalam acara "Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Kepada Pemenang Pelatihan Kewirausahaan di Tengah Pandemi Covid-19" yang digelar secraa virtual pada Rabu (20/01/2021). 

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ibu dua anak ini mengatakan jika sebanyak 97% pekerja bergerak di bidang UMKM. Ia juga mengatakan jika UMKM bisa menjadi solusi bagi mereka yang perekonomiannya terdampak oleh pandemi.

Selain itu, ia mengungkap jika UMKM ini termasuk ke dalam bisnis yang bisa sangat terdampak karena adanya pandemi, mengingat penghasilan dan modal yang digunakan UMKM manuvernya sangat cepat.

"UMKM sangat terdampak karena penghasilan dan modalnya bermanuver sangat cepat. Beda dengan bisnis-bisnis besar yang mungkin pake dana perbankan. Kalau UMKM kan kebanyakan dari dana pribadi," ujarnya.

Menurutnya, masyarakat harus bisa membantu para pelaku UMKM ini supaya bisa terus berjalan selama masa pandemi. Dengan begitu, bukan hanya UMKM saja yang terbantu, tetapi kita turut membantu juga orang-orang yang bekerja di UMKM tersebut.

"Apresiasi besar pada UMKM yang bertahan selama pandemi dan kita harus dukung. Cara pengelola UMKM mengelola usahanya ini juga akan menentukan nasib para pekerja yang bergerak di bawah UMKM. Jadi kita harus dukung supaya bisa survive," tutupnya.