Menu

Catat! Biasakan Konsumsi Ini Saat Sarapan Biar Kolesterol Ambrol, Kata Ahli Diet

16 Januari 2022 07:01 WIB

Menu sarapan sehat (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu tahu dampak sarapan sehat dan seimbang untuk kesehatan? Menurut Cleveland Clinic, sarapan dapat membantu tingkat rasa lapar, menurunkan risiko diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, yang lebih penting dari sekedar sarapan adalah jenis makanan yang kamu pilih untuk dikonsumsi. Dan bagi mereka yang mungkin berisiko tinggi kolesterol atau hidup dengan kolesterol tinggi saat ini, memilih sarapan yang sehat dapat membuat perbedaan yang signifikan.

Dikutip dari Eat This, Minggu (16/1/202), berikut adalah beberapa tips makan sehat untuk turunkan kolesterol dari Courtney D'Angelo, MS, RD, Ahli Diet sekaligus penulis di GoWellness. Read on, Beauty!

1. Makan lemak sehat

Menurut D'Angelo, memilih jenis lemak yang tepat untuk dimakan di pagi hari bisa berdampak besar pada kadar kolesterol.

"Cobalah untuk membatasi lemak jenuh - yang dapat ditemukan dalam produk susu, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan - karena terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol 'jahat'," kata D'Angelo .

So Beauty, cobalah mengganti makanan tersebut dengan lemak yang lebih sehat, seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan minyak tak jenuh.

2. Makan lebih banyak serat larut

Ingat Beauty, memulai hari dengan cukup serat, terutama serat larut, akan membantu kadar kolesterol.

"Serat larut, seperti yang ditemukan dalam oatmeal, mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh, dengan penelitian menunjukkan bahwa hanya 5 sampai 10 gram serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol total LDL," kata D'Angelo.

Jadi, ketika kamu memutuskan apa yang akan dibuat untuk sarapan di pagi hari, cobalah buat semangkuk oatmeal dan menambahkan makanan kaya serat ekstra seperti apel atau buah beri.

3. Makan asam lemak omega-3

D'Angelo juga menyebutkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 secara tidak langsung dapat mempengaruhi kadar kolesterol LDL karena dipengaruhi oleh kesehatan dan diet secara keseluruhan.

"Asam lemak ini dapat mengurangi trigliserida, yang merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah, serta membantu mengurangi tingkat tekanan darah," kata D'Angelo.

Cara sederhana untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup dalam sarapanmu adalah dengan mengonsumsi kenari atau biji rami. Kamu juga bisa memasukkannya ke dalam yogurt, oatmeal, atau mencampurnya menjadi smoothie.

4. Makan protein whey

Cara mudah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol saat sarapan adalah dengan menambahkan bubuk protein whey.

Kata D'Angelo, protein yang dikonsumsi sebagai suplemen telah terbukti menurunkan kadar LDL dan kolesterol total, serta menurunkan tekanan darah.

"Cara favorit saya untuk mengonsumsi protein whey di pagi hari adalah menambahkannya ke oatmeal, lalu menambahkan buah beri untuk memiliki lebih banyak serat juga," ujar D'Angelo.

Tertarik mencobanya, Beauty?