Menu

Wajah Jadi Kusam Setelah Hapus Make Up? Ini Penyebab dan Solusinya

11 September 2020 19:15 WIB

Membersihkan wajah dengan air. (Pinterest/skincaredotcom)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kulitmu masih terlihat kusam setelah menghapus make up? Padahal kamu sudah rajin membersihkan make up pakai skincare. Bisa jadi pernyebabnya, caramu membersihkan wajah kurang tepat atau produk skincare yang kamu pakai tidak cocok dengan kulitmu.

Membersihkan wajah dimulai dari saat kamu menghapus make up, lho. Kalau caramu membersihkan wajah saja belum benar bukan hanya kusam, kulitmu juga bisa berjerawat nantinya. Selain itu ada juga beberapa penyebab lainnya. Melansir Journal.sociolla.com Jumat (11/9/2020), kulit kusam setelah menghapus makeup juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Terlalu banyak sel kulit mati menumpuk

Seiring bertambahnya usia, kulit mulai memproduksi lebih sedikit minyak dibandingkan dengan masa muda. Hal ini dapat menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk di wajah sehingga membuat kulit tampak kurang bercahaya, kering, dan kusam.

Sebagai solusi, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan lembut sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu. Cobalah gunakan produk eksfoliasi yang mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) untuk mengangkat sel kulit mati. Kamu juga bisa memilih produk dengan kandungan bahan yang menenangkan, seperti lidah buaya dan teh hijau untuk meminimalkan iritasi. Selain itu, kamu juga perlu melakukan double cleansing saat membersihkan wajah dari makeup dan kotoran.

Pertama, gunakan cleanser seperti micellar water, cleansing balm atau oil untuk membersihkan wajah dari makeup. Kemudian dilanjutkan dengan proses kedua, yaitu cuci muka menggunakan facial wash untuk membersihkan wajah yang sudah bebas dari make up.

Kulit alami stres

Deadline pekerjaan, pertengkaran, kualitas tidur yang buruk, tak dipungkiri bisa membuatmu rentan mengalami stres.

Seorang dokter kulit di Union Square Dermatology di NYC, Claire Chang, MD, mengatakan, "Stres kronis menyebabkan peningkatan kortisol dalam tubuh dan kulit, yang berkontribusi pada peningkatan peradangan pada kulit. Ini juga diketahui memperburuk kondisi kulit yang meradang, seperti rosacea dan jerawat, tapi juga bisa menyebabkan kulit tidak rata dan kusam." katanya

Solusinya, kamu harus mengatur waktu istirahat. Menjalankan pola hidup yang lebih sehat juga bisa meminimalisir terjadinya stres, lho. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan bermeditasi. Untuk solusi instan, kamu bisa mencoba pijat wajah saat membersihkan atau mengoleskan pelembab. Menurut profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, Dr. Mona Gohara, teknik ini merupakan cara yang bagus untuk menstimulasi aliran darah yang akan menambah kilau dan mengencangkan kulit.

Dehidrasi

Tanpa kelembapan, kulit menjadi kering dan dehidrasi sehingga membuatnya tampak kusam. Kulit kering juga membuat garis-garis halus dan kerutan terlihat lebih kasar. Sebaliknya, hidrasi adalah kunci untuk mendapatkan kulit cerah, awet muda, dan tampak sehat. Jika kamu tidak melembapkan wajah secara teratur, kulit akan mengalami dehidrasi dan membuatnya kusam. 

Solusinya, kamu perlu perbanyak minum air putih dan menggunakan skin care yang mampu menghidrasi kulit. Untuk mendorong kelembapan jauh ke dalam kulit, kamu  bisa coba tepuk-tepuk serum Asam Hialuronat dengan jari-jari secara perlahan pada wajah. Kemudian lapisi pelembab dengan emolien yang kuat, seperti setil alkohol atau dimetikon. 

Share Artikel:

Oleh: Kintan Nabila