Menu

Deretan Fakta Tentang Buta Warna yang Wajib Kamu Ketahui!

21 September 2020 10:20 WIB

Mata. (Pixabay/PublicDomainPictures)

HerStory, Jakarta —

Masalah kesehatan mata memiliki berbagai bentuk, salah satunya adalah buta warna yang beberapa dari kita mengalaminya. Buta warna merupaka kelainan pada mata yang membuat orang yang mengalami gangguan ini sulit atau enggak bisa membedakan warna seperti orang normal.

Meski terdengar enggak fatal, namun untuk beberapa orang hal ini bisa merusak mimpinya sendiri, lho! Berikut ini HerStory merangkum (20/09) mengenai fakta-fakta dari buta warna! Yuk!

Bawaan Genetik dan Luar

Buta warna memang bukan sesuatu yang berbahaya untuk pengidapnya. Masalah ini bisa disebabkan oleh dua hal yaitu diturunkan dari orang tua pengidap atau kelainan genetik yang di mana si pengidap akan merasakan kelainan ini semenjak lahir, kemudian buta warna akuisita yang disebabkan oleh beberapa faktor luar yang disebabkan oleh penyakit seperti glaucoma, diabetes, multiple sclerosis atau masalah lainnya yang bisa menyerang kesehatan mata. 

Truma dari Luar

Kemudian, buta warna juga bisa disebabkan oleh trauma seperti mengalami kecelakaan atau pada area mata pernah mengalami benturan atau sebuah pukulan yang membuat penderita mengalami kelainan ini. Hal ini diakibatkan karena adanya saraf mata yang putus ketika kejadian tersebut terjadi, saraf mata sendiri merupaka saraf yang cukup sensitif dan juga rentan, karena jika sekali terputus maka akan sulit untuk disembukan atau diselamatkan lagi.

Buta Warna Genetik Tak Bisa Sembuh

Untuk penderita warna genetik disebabkan oleh adanya mutasi gen. Jika seseorang terkena masalah ii maka kelainan ini enggak bisa disembuhkan, hanya bisa mendeteksi gangguan buta warna apa yang dialami oleh penderita. 

Buta warna sendiri memiliki beberapa jenis, seperti buta warna merah, hijau dan juga biru. Buta warna merah dan hijau adalah yang paling umum terjadi, namun jika biru maka itu merupakan sesuatu yang langka. Yang membuat menarik kasus buta warna merah dan hijau sering terjadi pada pria akibat saraf warisan, sedangkan pada wanita bisa sangat langka terjadi.

Tes Ishihara

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami buta warna atau enggak kamu bisa melakukan pemeriksaan di puskesmas terdekat atau mendatangi dokter spesialis mata dan menjalani tes ishihara. Hal ini harus dilakukan karena beberapa orang enggak sadar kalau mereka enggak bisa membedakan sebuah warna. Mereka akan merasakan kehidupan normal seperti orang lainnya, mengingat mereka tetap bisa melihat warna, namun enggak bisa mengenalo warna beda yang serupa.

Manfaat Wortel

Banyak yang mengatakan wortel bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan atau hanya sekedar mengurangi kondisi penderita buta warna, namun ternyata salah, karena wortel hanya bisa bermanfaat untuk menyehatkan mata karena memiliki kandungan vitamin A pada wortel.

Hingga kini, masih belum ditemukan solusi yang baik dan cocok untuk para penderita buta warna. Namun, kamu bisa mengetahui masalah buta warna apa yang kamu hadapi agar penanganannya bisa lebih baik dan mengurangi risiko masalah lain yang muncul.

Artikel Pilihan