Menu

Moms, Inilah Pentingnya Saling Mengatur Keuangan Keluarga!

24 September 2020 18:30 WIB

Ilustrasi uang (Unsplash/Sharon McCutcheon)

HerStory, Jakarta —

Moms, dalam berumah tangga keuangan keluarga harus diatur sedemikian rupa supaya kebutuhan keluarga terpenuhi.

Di dalam masyarakat kita, pengelolaan keuangan keluarga lazimnya dikelola oleh istri. Namun, istri belum tentu adalah orang yang paling tepat untuk mengatur keuangan keluarga. Bagaimana jika suami mengambil peran tersebut? Tentu bisa ya, Moms.

Pada dasarnya, pengelolaan keuangan keluarga bukan semata-mata tentang seksualitas. Baik Moms atau pasangan, keduanya sama-sama berhak untuk mengemban tugas ini.

Dalam sebuah keluarga, yang paling penting adalah kerja sama yang kompak antara suami dan istri. Pembagian tugas sangat penting supaya kehidupan keluarga bisa berjalan dengan baik.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, inilah alasan kenapa Moms menjadi orang terdepan urusan mengatur keuangan keluarga

1. Moms paling paham kebuthan keluarga

Moms, seorang istri biasanya cermat menyusun skala prioritas keluarga. Ia bisa membedakan mana hal yang benar-benar dibutuhkan dan mana hal-hal yang hanya keinginan semata.

Selain itu, Moms jugalah yang mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Makanya, pantas jika tugas pengelolaan keuangan keluarga dipegang oleh sang istri.

2. Moms paling telaten dan teliti

Kalau sudah menyangkut kebutuhan keluarga, seorang istri bisa sangat telaten. Istri telaten mengurus rumah, anak-anak, juga suami. Untuk hal-hal yang berkaitan dengan keuangan keluarga, istri jarang sekali bertindak ceroboh. Moms biasanya sangat hati-hati jika menyangkut masalah keuangan.

Meski masyarakat menganggap kalau Moms memang lebih kompeten dalam mengatur keuangan keluarga, ternyata suami juga punya peluang yang sama untuk mengelola keuangan keluarga.

3. Suami bisa lebih cakap mengelola keuangan

Masalah kecakapan, sebenarnya hal ini bergantung pada masing-masing individu. Kalau masyarakat menganggap kalau Moms adalah yang paling cakap dalam mengelola keuangan, sebenarnya suami pun demikian.

Jika suami punya latar pendidikan ekonomi misalnya, enggak ada salahnya jika memberikan kesempatan pada suami untuk mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan keluarga yang baik tentu akan membuat kehidupan keluarga menjadi semakin baik.

4. Moms punya aktivitas yang lebih padat

Semua orang pasti sepakat bahwa pekerjaan ibu rumah tangga sangat banyak dan hampir tidak ada waktu luang. Atas alasan tersebut, suami bisa mengambil alih tugas Moms untuk mengelola keuangan keluarga. Hal ini bisa meringankan pekerjaan istri.

5. Saling transparan masalah keuangan

Kalau suami ingin bertindak sebagai pengelola keuangan, suami harus bisa transparan. Transparansi ini sebenarnya bukan hanya berlaku pada suami saja, namun bila suami adalah pencari nafkah utama sekaligus pengatur keuangan, maka ia harus jujur juga tentang pengeluaran pribadinya.

Nah, itulah kenapa mengelola keuangan sebenarnya adalah urusan Moms dan suami. Bukan cuma Moms atau bukan cuma suami saja.

Artikel Pilihan