Menu

Mulai dari Minum Air Putih Hingga Angkat Kaki, Berikut Cara Sederhana Atasi Perut Keram Ketika Hamil!

23 Maret 2021 22:45 WIB

Ilustrasi ibu hamil yang sedang stres. (Pinterest/bbc.com)

HerStory, Jakarta —

Bumil sering merasakan kram pada perut? Hal ini wajar kok! Moms bisa atasinya dengan berbagai cara sederhana, salah satunya dengan minum air putih.

Gak hanya mual dan muntah, gejala kram purit sering terjadi pada ibu hamil. Biasanya eram perut bisa diatasi dengan hal sederhana yaitu dengan minum air putih dan angkat kaki.

Kram perut adalah gejala yang wajar dialami oleh ibu hamil. Jadi Moms gak perlu khawatir ya! Kondisi kram perut memang sangat nyeri dan menyiksa bagi ibu hamil. Tetapi hal ini bisa dihilagkan.

Gak hanya itu, kram perut terkadang membuat ibu panik. Kepanikan inilah yang memicu overthingking. Pasalnya di dalam perut ada janin yang sedang dikandungnnya.

Dilansir dari berbagai sumber (23/01/2021), berikut cara sederhana mengatasi kram perut.

Minum Air Putih

Minum air putih salah satu cara paling sederhana dalam mengatasi kram perut. Hal ini disebabkan kram perut sering muncul ketika kondisi tubuh Moms sedang mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, banyak minum air putih dapat mengatasinya.

Untuk mencegah kram perut, Moms disarankan untuk minum delapan gelas air putih setiap hari. Moms dapat minum dua cangkir air setiap kali makan dan minum dari botol air di antara waktu makan. Selain itu, untuk memenuhi cairan dalam tubuh Moms bisa mengonsumsi kembang kol, bayam paprika, dan wortel. Semua makanan itu mengandung sumber vitamin dan mineral tinggi.

Angkat Kaki Ketika Tidur

Mengangkat kaki ketika tidur adalah cara sederhana lainnya untuk menghilangkan kram perut ketika hamil. Moms bisa lakukan dengan meletahan satu atau dua bantal di bawah kaki, sehingga lutut, betis dan kaki sedikit lebih tinggi dari pinggul Moms.

Cara ini akan membantu meningkatkan sirkulasi antara jantung dan kaki. Cara ini juga dapat mengurangi penumpukan asam laktat yang menyebabkan kram. Disamping itu, mengangkat kaki juga mengurangi tekanan pada punggung bawah yang melegan ketika hamil.

Tidur Cukup

Kram otot bisa disebabkan karena kurang tidur. Kurang tidur memberikan efek negatif pada tubu, tubuh akan terasa sangat lelah dan menimbulkan gejala kram otot. Agar jam tidur cukup Moms bisa melakukan tidur siang selama 20 menit. Hal ini dapat membuat tubuh Moms menjadi rileks.

Wah! Moms mudah sekali ya menghilangkan kram perut ketika hamil. Jangan panik lagi ya Moms!

Artikel Pilihan