Menu

Penderita Diabetes Wajib Tahu, Begini 6 Cara Turunkan Kadar Insulin Anti Ribet!

24 Agustus 2021 17:00 WIB

Alat pengukur kadar gula darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Diabetes merupakan salah satu penyakit dengan penyumbang kematian tertinggi. Sehingga seseorang yang mengidap penyakit ini harus lebih ekstra dalam menerapkan pola dan gaya hidup sehat. 

Sejatinya, insulin ini diperlukan dalam tubuh untuk mengatur kadar gula darah. Namun, insulin yang terlau tinggi akibat terjadinya resistensi insulin justru dapat mengakibatkan kadar gula darah meningkat yang merupakan pemicu dari diabetes. 

Lantas apakah ada cara untuk menurunkan kadar insulin?

Melansir dari laman hellosehat.com (24/8/2021), berikut ini ada 6 cara mudah untuk menurunkan kadar insulin. Sehingga kesehatan tubuh dapat lebih terjaga. 

1. Diet Rendah Karbohidrat

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya karbohidrat menyumbang lebih banyak gula bagi tubuh. Nah, supaya kadar insulin dapat turun sebaiknya melakukan diet renda kalori dengan mengurangi konsumsinya. Para peneliti pun sudah dapat memastikan diet ini sekitar 50% kadar insulin dapat lebih cepat turun dibandingkan dengan diet rendah lemal. 

2. Konsumi Makanan yang Rendah Kadar Indeks Glikemik

Meski berjudul diet rendah karbohidrat, bukan berarti Beauty harus memangkas karbo pada menu makanan, ya. Sejatinya karbo pun tetap dibutuhkan oleh tubuh. Sebaiknya ganti dengan memilih makanan seperti buah alpukat, apel, jeruk, wortel, bawang putih, selai kacang, dan cuka.

3. Rutin Berolahraga

Mengontrol makanan saja tak cukup bila tak diimbangi dengan rutin berolahraga yang baik. Salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk menurunkan kadar insulin adalah olahraga aerobik terlebih jika dikolaborasikan dengan latihan ketahanan. Dipercayai bahwa aerobik mampu untuk mengoptimalkan kerja insulin dalam tubuh khususnya bagi penderita diabetes tipe 2.

4. Lebih Banyak Konsumsi Serat Larut Air

Serat larut air merupakan jenis serat yang muda dicerna tubuh dan dapat menurunkan kadar gula darah dan berat badan. Dengan makanan yang memiliki sifat seperti ini, tubuh dapat terasa kenyang lebih lama. Sehingga kadar gula darah dan insulin dapat terkontrol dengan baik.

5. Minum Teh Hijau

Penelitian yang dilakukan oleh Diabetes and Metabolism Journal mengungkapkan, seseorang yang rutin mengonsumsi teh hijau cenderung memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah. 

6. Jangan MAGER

Agar miliki tubuh sehat dan kuat, tentunya kita juga harus banyak bergerak dan menghindari mode mager alias malas bergerak. Tak perlu dengan cara yang sulit, menghindari gaya hidup ini dapat dimulai dengan sekadar berjalan santai dengan frekuensi yang sering. Sebua studi mengungkapkan, jika setelah makan melakukan aktivitas selama 20 menit ternyata mampu menurunkan kadar insulin dibandingkan yang berdiam diri saja.