Menu

Pasca Long Weekend, Kamu Baru Sadar Waktu Liburan Terasa Singkat? Ssst, Ada Penjelasan Ilmiahnya, Lho!

16 Februari 2021 23:55 WIB

Ilustrasi liburan. (Pinterest/Wartawisata.id)

HerStory, Tangerang —

Baru saja, kita semua merasakan long weekend saat Hari Raya Imlek datang di hari Jumat pekan lalu. Namun, apakah kamu juga merasa bahwa hari libur berlalu begitu cepat?

Pernah enggak sih kalian udah nunggu-nunggu liburan dan dalam sekejap mata liburan yang indah itu tau-taunya udah selesai? Eh, giliran ngampus, kerja, atau sekolah, malah terasa seperti berabad lamanya!

Dibandingkan dengan hari kerja yang terasa berjalan sangat lambat, hari libur justru terasa sangat cepat. Baik libur selama tiga hari maupun tiga bulan terasa berlalu begitu saja tanpa kendala. 

Wah, kenapa bisa begitu ya? Jangan salah, ternyata fenomena ini ada namanya dan bisa dijelaskan secara ilmiah, lho! Dilansir dari kanal Youtube Kok Bisa, fenomena ini disebut sebagai "Holiday Paradox".

Meskipun pas kita ngejalanin libur itu berasa cepat tapi sebenarnya setelah kita menengok ke belakang faktanya liburan enggak secepet itu, lho. 

Kok, faktanya bisa berbanding terbalik dengan perasaan kita, ya? Apa benar waktu yang berjalan cepat itu cuma terjadi pas saat kita lagi ngerasain seneng?

Jadi, sebenarnya sadar atau enggak sadar, manusia itu punya dua sisi berbeda yaitu, saat ngalamin kejadian dan sesudah ngalamin kejadian.

Pas kita ngejalaninnya, cepet atau enggaknya waktu mungkin sangat dipengaruhin sama perasaan kita. Kalau kita bosen pasti rasanya lama dan sebaliknya kalau kita ngelakuin hal yang kita suka, waktu pasti terasa cepat.

Nah, sesudah ngalamin kejadian tersebut, yang lebih pengaruhin kita adalah kenangan alias memori.

Misalnya waktu kita masih kecil rasanya waktu berjalan lama tapi waktu pas kita udah dewasa, waktu kayaknya berlalu gitu aja.

Eits, hal ini bukan terjadi karena waktu berjalan makin cepat, lho! Jadi apa alasannya, ya? 

Sering kali semakin tua umur kita, semakin dikit juga kita ngalamin hal-hal yang baru. Waktu kita masih kecil atau ABG kita pasti nyobain ini itu untuk pertama kalinya. Makanya kita ngerasa hari itu berjalan lama, karena kita punya banyak cerita.

Nah, makanya pas kita liburan dan nemuin hal-hal baru memori kita itu sebenarnya nyimpen banyak banget kenangan dan waktu kita flashback kita baru sadar ternyata liburan enggak secepat itu.

Sebenarnya, semua kebingungan ini berasal dari cara kerja memori yang berbeda dengan pengalaman.

Engak semua yang kita alamin itu kita inget. Seperti saat kita menonton suatu film, kita hanya mengingat bagian yang menakjubkannya saja. 

Dan lagi, mau yang kita alami membosankan atau menyenangkan, otak kita enggak akan bisa mengingat semuanya secara detail. Ini lah yang menyebabkan kita merasa waktu berjalan dengan sangat cepat.

Share Artikel:

Oleh: Dwi Krisna Juniarti