Menu

Tips Belanja Online di Tangga Muda, Dijamin Makmur Sampai Akhir Bulan!

01 Maret 2021 12:25 WIB

Wanita sedang membawa kantong belanjaannya. (unsplash/freestocks.org)

HerStory, Jakarta —

Biasanya hasrat ingin belanja online sangat tinggi ketika memasuki awal bulan dikarenakan sehabis gajian. Namun perlu hati-hati ya agar kamu gak kalap agar tetap makmur hingga akhir bulan

Apa lagi buat kamu menjadikan belanja sebagai healing dari padatnya aktivitas, pasti belanja online sudah menjadi sebuah kebiasaan. Jika hal ini gak bisa dikontrol dengan baik akan menimbulkan masalah lho.

Jangan sampai belanja membuat kamu tambah stres di akhir bulan nanti. Kamu hanya perlu membeli barang yang kamu butuhkan saja, jangan sampai implusif. Belanja implusif merupakan kebiasaan belanja hal yang gak penting secara berlebihan. Hal ini dapat menimbulkan efek samping di tanggak tua atau akhir bulan.

Dilansir dari Warta Ekonomi (01/03/2021)., ini tips yang bisa kamu lakukan ketika belanja online agar makmur hingga akhir bulan.

Pikirkan Sebelum Membeli

Sebelum kamu membeli barang, alangkah baiknya kamu pikirkan terlebih dahulu. Kategorikan barang yang kamu akan beli, apakah sangat penting, penting, atau gak penting sama sekali. Jika gak terlalu penting, sebaiknya kamu mengurangkan keinginan kamu untuk membelinya agar gak sengsara di akhir bulan.

Tetapkan Budget

Sebelum kamu membeli barang, kamu bisa tentukan budget dari uang gaji kamu untuk belanja orang. Jangan sampai budget belanja online lebih besar daripada kebutuhanmu sehari-hari atau menabung. Belilah barang yang sesuai dengan budget kamu.

Jika kamu gak bisa mengola keuangan dengan baik, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi online untuk membantu mengurus hal tersebut. Ada banyak aplikasi gratis untuk melacak dan mencatat apa yang dibelanjakan bahkan dapat membantu mengatur keuangan.

Luangkan Waktu Istirahat dari Berbelanja

Ketika kamu memiliki kebiasaan belanja, alangkah baiknya kamu memberi kan waktu istirahat atau jeda terhadap hal ini. Jika kamu biarkan terus-menerus, ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan.

Kamu perlu melakukanistirahat selama 21 hari. Selama istirahat kamu perlu mempelajari cara-cara baru dalam berbelanja ahar kamu kembali ke siklus belanja yang sehat.

Pertimbangkan Kebutuhan

Hal yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar hal-hal yang kamu butuhkan dengan cara mengurangi pembelian implusif. Tanyakan kembali kepada diri sendiri apakah barang ini dibutuhkan atau gajk sama sekali.

Waspadai Trik Ritel

Kamu harus waspada pada toko yang sedang menjanjikan iming-iming promosi beli barang banyak dapat diskon besar. Hal itu adalah taktik marketing saja.

Walaupun belanja online praktis dan dapat menjadi sebuah healing dari stres tetapi hak ini pun harus dikontrol dengan baik agar gak terjadi hal-hal yang gak diinginkan.