Menu

Pengantin Baru? Yuk, Mulai Intip Cara Mengelola Keuangan Bareng Pasangan!

29 April 2021 23:55 WIB

Ilustrasi sepasag suami istri. (Unsplash/Jonathan Borba)

HerStory, Tangerang —

Bagi pengantin baru, banyak hal-hal baru mengenai pasangan yang harus kita sesuaikan terlebih dahulu agar dapat menjalani kehidupan rumah tangga yang damai dan tentram.

Salah satu aspek penting yang harus dipikirkan dan disesuaikan bersama adalah cara pasangan mengelola keuangan bersama-sama dengan tujuan yang sama juga.

Setelah kamu menikah, tentu saja kamu bukan hanya mengatur keuangan untuk diri sendiri lagi, tetapi juga untuk pasangan dan anak-anakmu nanti.

Eits, tapi jangan khawatir. Banyak tips-tips jitu yang bisa kamu lakukan agar kehidupanmu dan si doi tak bermasalah, apalagi terkait dengan finansial. 

Mau tahu tipsnya? Yuk, intip tips jitu mengatur keuangan bersama pasangan yang dilansir dari rekan sindikasi Herstory, Finansialku.com!

Buat Tujuan Keuangan Bersama

Mendiskusikan tujuan bersama di awal pernikahan adalah hal yang penting. Dengan diskusi ini, kamu bisa menyelaraskan tujuan masing-masing dan membuat satu tujuan bersama.

Rencanakan lah tujuan jangka pendek dan jangka panjang agar kamu dan pasangan dapat mengontrol keuangan dengan baik setiap bulannya.

Buat Anggaran Bersama

Setiap bulan sebaiknya kamu sudah mempunyai rencana anggaran pengeluaran. Rencana ini akan sangat membantu kamu agar enggak boros dan malah berutang kepada teman untuk menutupi kantongmu yang kering.

Mulailah dari melihat pengeluaran diri sendiri dan pasangan selama beberapa bulan terakhir, lihat juga pemasukan yang kamu miliki. Dari sana dapat terlihat berapa banyak yang kamu dan pasangan habiskan dan pengeluaran apa yang perlu dikurangi.

Menentukan Tugas Masing-masing Dalam Hal Keuangan

Hal yang cukup penting ketika menjadi pasangan baru adalah membagi tugas dan tanggung jawab dalam mengelola keuangan. Bukan soal gender, pilihlah orang yang pintar dan baik dalam mengelola keuangan. 

Kamu dapat membagi tugas, siapa yang memegang rekening tabungan, siapa yang menyimpan dokumen-dokumen keuangan, serta siapa yang bertugas membelanjakan pengeluaran bulanan dan lain sebagainya.

Bersama-sama Melunasi Utang Sebelumnya

Jika kamu mempunyai utang sebelum menikah, segeralah lunasi utangmu. Utang akan sangat menyiksa dan bisa-bisa mengurangi uangmu yang bisa dipakai untuk menabung.

Buatlah perencanaan yang matang agar dapat terbebas dari utang dan terhindar dari utang di kemudian hari.

Mempunyai Tabungan untuk Dana Darurat

Kamu perlu mempertimbangkan untuk memiliki tabungan untuk dana darurat di satu rekening bank terpisah. Dana darurat penting untuk dimiliki sebelum banyaknya pengeluaran. Dana darurat juga akan sangat membantu ketika terjadi hal-hal yang tak terduga.

Sebagai pengantin baru, kamu disarankan mempunyai dana darurat 6 kali besar pengeluaranmu tiap bulannya.

Bersepakat untuk Mempunyai Asuransi

Mulai dari asuransi jiwa, asuransi sakit kritis, asuransi kesehatan, asuransi rumah, dan lain sebagainya. Beberapa asuransi mungkin sudah ditanggung oleh tempat kamu dan pasangan bekerja.

Mengevaluasi Keuangan Bersama-sama Secara Berkala

Langkah terakhir yang enggak kalah pentingnya dengan langkah-langkah lainnya adalah mengevaluasi keuangan keluargamu. Evaluasi keuangan keluargamu dari mulai dari pemasukkan, pengeluaran, tabungan, dan tujuan keuanganmu dan pasangan.

Lakukan evaluasi ini secara berkala supaya kamu bisa mengantisipasi jika keuangan keluarga kamu melenceng. Lalu, tinggal diskusi dan atur keuangan lagi, deh!