Menu

Sering Merasa Lelah? Bisa Jadi Kamu Menderita Darah Tinggi! Ini Penjelasannya

25 Agustus 2021 14:45 WIB

Ilustrasi orang mudah lelah dan mengantuk. (Unsplash/Kinga Cichewicz)

HerStory, Jakarta —

Tekanan darah mengacu pada seberapa keras kerja darah Anda mendorong dinding arteri tubuh. Ketika tekanan darah tetap tinggi selama periode waktu yang berkelanjutan, Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi atau juga memiliki nama lain hipertensi.

Tekanan darah tinggi cukup umum. Tekanan darah tinggi dikenal yang layak sebagai "pembunuh diam-diam". Itu karena seringkali darah tinggi tak ada gejala sampai munculnya komplikasi yang mengancam jiwa, seperti serangan jantung atau stroke.

Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi memang mengalami kelelahan, tapi apa hubungannya?

Dilansir dari laman Healthline (25/8/2021) sering merasa lelah mungkin berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Jika tak diobati dengan benar, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius yang dapat menyebabkan kelelahan.

Berikut ini beberapa cara tekanan darah tinggi dapat menyebabkan perasaan lelah:

Penyakit arteri koroner

Tekanan darah tinggi dapat merusak atau menyempitkan arteri Anda. Ketika ini terjadi tentu dapat mengganggu aliran darah. Selain kelelahan, gejala lain dari penyakit arteri koroner, seperti nyeri dada atau sesak (angina), sesak napas, nyeri di lengan atau bahu dan irama jantung tidak teratur (aritmia).

Penyakit arteri perifer

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyempitan arteri di tungkai, perut, dan kepala Anda. Selain kelelahan, gejala penyakit arteri perifer, seperti rasa sakit di betis Anda saat Anda berjalan yang hilang dengan istirahat, kesemutan atau mati rasa di kaki bagian bawah atau kaki Anda, dan luka yang sembuh perlahan di kaki atau kaki Anda

Pembesaran jantung dan gagal jantung

Tekanan darah tinggi berarti jantung Anda harus bekerja lebih keras. Ini adalah otot, sehingga kerja ekstra menghasilkan jantung yang membesar. Jantung yang lebih besar membutuhkan lebih banyak oksigen, tetapi sulit untuk mempertahankan aliran darah yang baik untuk mendapatkan oksigen ke jantung. Tanpa pengobatan, ketegangan dapat menyebabkan gagal jantung.

Kerusakan ginjal

Tekanan darah tinggi dapat membatasi aliran darah ke ginjal Anda. Ini juga dapat merusak pembuluh darah kecil di dalam ginjal Anda, sehingga menyulitkan mereka untuk melakukan tugasnya menyaring darah. Akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal.

Penyebab lain kelelahan dengan tekanan darah tinggi

Meskipun kelelahan bisa menjadi gejala tekanan darah tinggi, kurang tidur sebenarnya bisa menjadi faktor penyebabnya juga. Tidur 5 jam atau kurang per malam dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi. Dan jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi, kurang tidur bisa memperburuknya.

Selain itu, apnea tidur obstruktif merupakan faktor risiko yang diketahui untuk hipertensi, terutama pada kelompok usia yang lebih tua. Beberapa obat resep yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kelelahan.

Penyebab kelelahan lainnya bisa karena hipertensi arteri pulmonal. Ini adalah saat Anda memiliki tekanan darah tinggi di pembuluh yang membawa darah antara jantung dan paru-paru. Seiring dengan kelelahan, dapat menyebabkan nyeri dada, sesak napas, dan pusing.

Artikel Pilihan