Menu

Mengonsumsi Buah Durian Saat Hamil, Apakah Berbahaya?

08 Desember 2021 16:38 WIB

Ilustrasi ibu hamil dan sepotong durian di tangannya. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Selain nanas, durian cukup sering disebut sebagai buah yang pantang dimakan oleh ibu hamil. Ada banyak anggapan yang beredar di masayrakat kalau mengonsumsi buah durian saat hamil disebut-sebut bisa membahayakan janin dan ibu hamil, seperti memicu pendarahan vagina, keguguran, hingga cacat lahir pada janin.

Anggapan ini membuat sebagian ibu hamil yang gemar atau sedang ngidam durian menjadi ragu untuk makan durian, nih. Sebaiknya Moms tidak menerima mitos ini mentah-mentah, ya. Yuk kita cari tahu fakta tentang makan durian saat hamil.

Fakta mengonsumsi durian saat hamil

Tak seperti mitos yang beredar, durian justru bisa memberi manfaat bagi ibu hamil karena kandungan di dalamnya. Bahkan sejauh ini, belum ada studi ilmiah yang membuktikan kalau durian berbahaya bagi ibu hamil. Nah berikut ini beberapa manfaat buah durian yang perlu Moms ketahui, antara lain:

1. Memberikan energi tambahan

Ibu hamil akan lebih mudah lelah, apalagi kalau masih harus melakukan beberapa aktivitas dan pekerjaan. Nah, buah durian bisa membantu ibu hamil mendapatkan energi tambahan. Hal ini karena kandungan karbohidrat, gula, dan kalori di dalamnya mampu menambah energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Menambah asupan folat

Buah durian mengandung folat yang cukup tinggi lho Moms, Nutrisi ini menjadi salah satu nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janin karena dapat menunjang pembentukan saraf, otak dan tulang belakang janin, serta mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi.

Tak hanya itu, folat juga berperan dalam meghasilkan sel darah merah sehingga ibu hamil bisa terhindar dari anemia atau kekurangan darah.

3 Menjaga kolestreol tetap stabil

Mungkin Moms juga mengira kalau buah durian kaya akan kandungan kolesterol. Padahal, anggapan ini salah, lho. Mesi mengandung lemak yang cukup tinggi, namun jenis lemak pada buah durian bukanlah kolesterol.

Kolestrol hanya diperoleh dari lemak hewani, ya Moms. Selain itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, durian dianggap dapat mencegah peningkatan koleterol.

4. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Fakta lain dari buah durian ini adalah ternyata buah durian termasuk buah dengan indeks glikemik rendah. Artinya, buah ini tidak cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. 

Meski demikan, ibu hamil tetap harus membatasi konsumsi durian agar tidak berlebihan, ya. Sebaiknya konsultasikan juga terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi durian. Apalagi kalau Moms memiliki kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional.

Kesimpulan

Kesimpulannya, makan buah durian saat hamil nggak berbahaya, ya Moms. Asalkan jumlah durian yang dikonsumsi tidak berlebihan dan jika ibu hamil dan kondisi janinnya sehat. Namun, buah durian mungkin perlu dihindari atau dikurangi konsumsinya jika ibu hamil memiliki kondisi tertentu, seperti diabetes, preeklamsia, tekanan darah tinggi, atau obesitas. 

Selain itu buah durian juga perlu dihindari kalau ibu hamil sering mual dan muntah atau bahkan memperparah morning sickness.