Menu

Wanita Lebih Kebal Flu Dibanding Pria, Emang Iya?

13 Januari 2022 12:45 WIB

Dua orang laki-laki dan perempuan yang terserang Influenza (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Rembang —

Wanita mungkin dipandang sebagai kaum yang lemah ketimbang pria. Namun, soal kekebalan tubuh, wanita lebih hebat dibanding pria, lho Moms.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki respons imun yang lebih kuat ketimbang pria saat diberikan suntikan vaksin flu. 

"Sekarang kami memiliki literatur yang menyebutkan wanita memiliki respons yang lebih baik pada penyakit menular yang umum terjadi, termasuk flu," kata Profesor Mikrobiologi dan Imunologi Stanford School of Medicine, Mark Davis, seperti dikutip health.india, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, wanita yang divaksinasi lebih terlindungi dari tertular flu dibanding pria yang divaksinasi. Penelian tersebut melibatkan 53 perempuan dan 34 pria yang sudah divaksin flu.

Baca Juga: Varian Omicron Gejalanya Ringan Mirip Flu, Tapi...?

Hasilnya, pria memiliki respons yang lebih lemah dibanding wanita setelah menerima vaksinasi dan respons itu lebih lemah di antara pria yang memiliki kadar testosteron tertinggi. Peneliti mencatat, kadar testosteron tinggi menekan peradangan.

"Ada juga kemungkinan komponen genetik untuk respons flu. Kami menemukan, vaksin flu mengaktifkan gen tertentu, dan aktivasi ini diprediksi memiliki respons vaksinasi terlemah," ujar peneliti.

Peneliti juga ingin mengetahui mengapa wanita lebih kebal dari penyakit tertentu dan mengapa selama kehamilan penyakit itu bisa mudah tertular. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Baca Juga: 3 Tipe Wanita yang Gak Disukai Pria, Wanita yang Doyan...