Menu

Catat, Ini Ciri-ciri Pasien Omicron yang Sudah Sembuh dan Selesai Isoman, Jangan Keliru Ya!

17 Februari 2022 14:30 WIB

Ilustrasi isolasi mandiri di rumah.(Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pandemi virus corona belum selesai sampai saat ini, termasuk di Indonesia. Maka dari itu, masyarakat perlu lebih waspada dengan Covid-19 varian baru, yaitu Omicron.

Berbeda varian Covid-19, maka berbeda juga gejala dan masa penyembuhannya. Jika kamu terpapar Covid-19, berarti kamu harus mengetahui juga masa sembuhnya.

Kementerian Kesehatan telah menetapkan masa isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 yang terpapar varian Omicron di Indonesia.

Melansir dari berbagai sumber (17/2/2022), berikut ini ciri-ciri pasien yang sudah dinyatakan selesai melakukan isolasi mandiri atau sembuh, menurut Kemenkes. Yuk, simak baik-baik, ya!

Bergejala

Kasus pasien yang positif Covid-19 dengan gejala, isolasi dilakukan selama 10 hari sejak muncul gejala ditambah dengan sekurang-kurangnya tiga hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan.

Enggak bergejala

Untuk pasien Covid-19 yang enggak bergejala atau asimptomatik, isolasi dilakukan minimal 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Syarat percepatan isolasi

Jika pasien ingin melakukan percepatan isolasi, pada kasus konfirmasi Covid-19 yang sudah mengalami perbaikan klinis saat isoman dapat dilakukan pemeriksaan NAAT (metode deteksi molekuler) termasuk pemeriksaan RT-PCR pada hari ke-5 dan ke-6 dengan selang waktu pemeriksaan 24 jam.

Jika hasil negatif atau Ct>35 2 kali berturut-turut, maka dapat dinyatakan selesai isolasi atau sembuh. Pembiayaan untuk pemeriksaan ini dilakukan secara mandiri.

Nah, itulah ciri-ciri pasien Covid-19 yang sudah sembuh dan selesai isoman. Semoga bermanfaat, ya!