Menu

Beauty Punya Alergi Dingin? Ini Daftar Obat yang Harus Kamu Punya, Ada di Apotek Kok

13 Oktober 2022 22:29 WIB

Ilustrasi tangan selalu merasa dingin (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beberapa orang mungkin memiliki alergi tertentu, seperti alergi makanan atau cuaca dingin. Bagi yang punya alergi dingin, musim hujan seperti sekarang ini bisa jadi musuh nih.

Pasalnya, kulit akan langsung mengalami ruam merah dan gatal-gatal. Sebenarnya tidak ada obat khusus untuk alergi ini. Namun, ada beberapa obat yang biasanya diresepkan dokter secara umum.

Apa saja? Berikut ini rekomendasi obat alergi dingin seperti dikutip HerStory dari laman Hello Sehat, Kamis (13/10/2022), antara lain:

1. Antihistamin

Antihistamin adalah salah satu obat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi alergi dingin. Obat alergi dingin ini bekerja dengan menghambat pelepasan histamin, yakni salah satu zat kimia yang menimbulkan gejala berupa gatal, biduran, dan ruam, Beauty.

2. Kortikosteroid sistemik

Kortikosteroid sistemik merupakan obat antiradang kuat yang biasa diresepkan dalam bentuk obat minum dan suntik. Contoh obat kortikosteroid sistemik adalah prednisone dan prednisolone. Beberapa obat kortikosteroid diberikan pada pagi hari selama 2 – 4 minggu pertama.

3. Leukotriene receptor antagonist

Leukotriene receptor antagonist adalah obat yang menghambat efek leukotrien di dalam tubuh. Leukotrien adalah salah satu zat kimia yang dilepaskan dalam reaksi alergi dan menimbulkan sejumlah gejala, terutama peradangan dan biduran.

Contoh leukotriene receptor antagonist yang ada di Indonesia, yaitu montelukast.

4. Omalizumab

Obat ini diresepkan untuk orang dengan alergi dingin yang tidak berhasil menggunakan obat antihistamin atau obat kortikosteroid sistemik. Omalizumab tidak dapat digunakan secara sembarangan. Obat ini diberikan melalui suntikan di permukaan kulit setiap 4 minggu sekali.

Nah, itu dia empat rekomendasi obat alergi dingin yang bisa membantu mengatasi gejala alergi yang muncul. Sebelum mengonsumsinya, pastikan kamu sudah membaca petunjuk pemakaian ya Beauty.