Menu

Artis Marak 'Pelihara' Spirit Doll, Indadari Sewot: Berhala!

05 Januari 2022 17:50 WIB

Indadari (Instagram/indadari)

HerStory, Jakarta —

Indadari, seorang pendakwah juga turut mengomentari fenomena spirit doll atau memelihara boneka bak anak sendiri.

Diketahui ada beberapa artis yang memiliki atau mengadopsi boneka tersebut, di antaranya Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Roy Kiyoshi dan Nora Alexandra.

Mantan istri Lucky Hakim ini menyebut memiliki boneka seperti itu merupakan bagian dari syirik.

“Tampilannya boneka, padahal diperlakukan kayak berhala. Dikemas menarik, padahal dosa syirik. Katanya ada ruh, padahal itu jin dari para antek-antek iblis dan bala tentara-tentaranya,” tulis Indadari di Instagram Story-nya, Selasa (4/1).

Indadari menyadari banyak yang belum sadar boneka arwah ini menjadi semacam 'berhala' berkedok gemas karena lewat boneka lucu.

“Banyak orang dipaksa menerima kebaradaannya padahal dalam Islam kita wajib menentang perbuatan syirik. Jaman now, setan dan antek-anteknya membuat kesyirikan yang tadinya identik dengan menyeramkan menjadi seolah terlihat lucu dan menyenangkan,” sebutnya.

Dia mengatakan spirit doll sekilas memang tak disembah oleh pemiliknya dengan alasan sebagai bentuk penghilang stres, membawa keberuntungan dan penjagaan.

Padahal, menurut Indadari, tanpa disadari menjauhkan diri dari Allah.

“Lupa bahwa segala ketenangan, kenyamanan, penjagaan, keberuntungan, kebahagiaan itu datangnya dari Allah. Bukan dari boneka yang dikemas cantik,” tegasnya.

Indadari pun heran banyak yang tak terima saat dirinya menyebut spirit doll itu jenglot.

“Padahal apa bedanya cuma beda yang satu mukanya rupawan, yang satu menyeramkan, tapi keduanya adalah boneka yang tidak mampu memberikan manfaat apa pun,” sebutnya.

“Apalagi merasa keren ketika bonekanya diisi oleh ruh bayi. Bukan ruh bayi kali, yang ada adalah diisi oleh bala tentara iblis dari kalangan jin buat menyesatkan manusia,” sentilnya.

Dia lantas menukil satu ayat Alquran tentang ruh.

Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematiannya & nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur; maka Dia tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya & Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. (QS Az Zumar : 42).

“Tuh dalil di atas Allah menahan nyawa orang yang sudah mati. Ditahan Allah, mana mungkin bisa kabur, terus kaburnya ke boneka lagi, ngadi-ngadi,” kritiknya.

Oleh karena itu, Indadari merasa sangat miris dengan netizen yang salah memilih idola atau malah ikut-ikutan tren spirit doll.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan