Menu

Musim Hujan Telah Tiba, Waspadai 5 Penyakit Ini Moms!

12 Januari 2022 11:35 WIB

Musim Hujan. (Yns.Plt/Unsplash)

HerStory, Rembang —

Musim hujan mulai datang, Moms. Biasanya, di saat-saat seperti ini orang-orang akan rentan jatuh sakit. Ini hal yang wajar terjadi lantaran musim hujan biasanya terjadi perubahan suhu lingkungan yang drastis.

Selain itu, berkembangnya nyamuk pembawa penyakit hingga adanya sanitasi lingkungan yang buruk. Oleh sebab itu, Moms perlu waspada agar tetap sehat. Agar kamu lebih waspada, berikut penyakit yang sering terjadi di musim hujan, yaitu:

1. Malaria

Penyakit ini disebabkan oleh parasit bersel satu, plasmodium, yang disebarkan lewat nyamuk. Gejala malaria yang mungkin kamu alami, seperti demam tinggi, penurunan suhu tubuh, sakit kepala, mual dan muntah diare. 

Untuk mencegahnya, hindari menyimpan air di rumah dalam waktu lama karena bisa menarik nyamuk, Moms. Saat tidur, sebaiknya gunakan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk. Kamu juga harus mengonsumsi obat yang diresepkan dokter saat bepergian ke daerah yang rawan malaria.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Begini Lho Cara Rawat Kuku saat Musim Dingin

2. Tifus

Tifus disebabkan oleh bakter Salmonella Typhi yang ditularkan dengan mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Penyakit ini juga seringkali terjadi karena sanitasi yang buruk dan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. 

Gejala tifus berkembang secara bertahap, 1-3 minggu setelah terpapar penyakit. Saat terpapar penyakit ini, kamu bisa mengalami beberapa gejala, seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit perut, diare, sembelit, dan kelelahan. Untuk mencegahnya, kamu harus menjaga kebersihan diri dengan rajin cuci tangan, menghindari minum air mentah dan memilih makanan yang dimasak, ya Moms.

3. Pilek dan flu

Naik turunnya suhu yang drastis selama musim hujan ini membuat tubuh mudah terserang bakteri dan virus. Kondisi ini rentan memicu pilek dan flu. Dua enyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

Baca Juga: Omicron Belum Beres, Muncul Flurona yang Bikin Gempar! Varian Baru Covid-19?

Nah, untuk mecegahnya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi agar daya tahan tubuh terjaga. Pasalnya, dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh dapat memproduksi antibodi melawan racun yang dilepaskan kuman penyebab penyakit.

4. Hepatitis A

Penyakit ini merupakan infeksi hati yang sangat menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Penyakit ini menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi atau kontak dengan orang dan benda yang terinfeksi.

Gejala hepatitis A yang seringkali terjadi, yaitu demam, muntah, dan ruam. Untuk mencegahnya, praktikan kebersihan diri dan lingkungan yang baik, salah satunya dengan rutin cuci tangan.

Baca Juga: Bahaya! Ini 11 Tanda Kamu Menderita Hepatitis Kronis, Cek Sekarang!

5. Kolera

Kolera merupakan infeksi bakteri Vibrio cholera. Penyakit ini biasanya menyebar melalui air yang terkontaminasi. Kolera menyebabkan diare dan dehidrasi yang parah.

Klau tak diobati, kolera bisa berakibat fatal hanya dalam beberapa jam, bahkan pada orang yang sebelumnya sehat. Untuk mencegahnya, hindari mengonsumsi air mentah, Moms. Minumlah air yang telah direbus atau diolah untuk mencegah kuman.

Artikel Pilihan