Menu

Penuh Inovasi, Ini Dia Sosok di Balik Kemajuan UMKM di Indonesia, Puput Hidayat!

30 September 2020 17:35 WIB

Puput Hidayat, Head of Product (Physical Goods) Tokopedia. (Tokopedia/Edited by HerStory)

HerStory, Tangerang —

Puput Hidayat merupakan salah satu perempuan yang ikut berperan penting dalam kemajuan pegiat usaha khususnya UMKM melalui pemanfaatan teknologi.

Menjabat sebagai Head of Product (Physical Goods) Tokopedia, Puput memunculkan berbagai inovasinya. Mulanya Puput tertarik dalam dunia teknologi ini sejak di bangku kuliah hingga akhirnya mulai berfokus di bidang digital.

“Teknologi punya peran besar dalam membantu masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian Indonesia. Hal ini tentu harus didukung oleh kesiapan masyarakat dalam mengadopsi teknologi untuk, salah satunya berbisnis,” ucapnya secara virtual pada Rabu (30/9/2020).

Bergabung dalam Tokopedia pada Juni 2019 lalu, Puput sudah memimpin 15 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) di Tim Product Tokopedia. Alasan Puput bergabung karena Tokopedia memiliki visi dan misi yang sama dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Bersama dengan timnya, Puput sudah mewujudkan berbagai inovasi bagi pegiat usaha di Indonesia agar dapat lebih mudah berbisnis secara digital. Misalnya saja, Puput menghadirkan inovasi dalam pembuatan toko penjual. Penjual dapat mempersonalisasi tampilan toko agar terlihat lebih menarik sehingga dapat menarik pembeli.

Terlebih lagi di saat pandemi, Puput menghadirkan berbagai kampanye untuk membantu penjual meningkatkan produktivitasnya. Salah satu kampanye yang dihadirkan adalah #JagaEkonomiIndonesia. Kampanye ini dibuat untuk membantu akselerasi adopsi digital para pelaku usaha lokal.

Berbagai inovasi yang diberikan oleh Puput dan timnya ini berhasil menciptakan kemajuan bagi Tokopedia tidak terkecuali selama pandemi. Bahkan pada masa pandemi, per Agustus 2020, lebih dari 9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM. Bahkan 94%nya merupakan penjual berskala ultra mikro. Data ini menunjukkan bahwa ada penambahan sebanyak lebih dari 2 juta penjual sejak sebelum pandemi terjadi pada Januari 2020 lalu.

Puput juga membagikan apa saja kemampuan yang haru dimiliki Tim Product Tokopedia agar dapat lebih paham dalam pengembangan aplikasi dan mengadopsi teknologi yang ada.

“Selain kemampuan teknis, Tim Product Tokopedia juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi untuk mengatasi permasalahan, berpikir kritis serta mengedepankan rasa empati agar setiap produk yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan penjual,” jelasnya.

Puput juga berharap segala inovasi yang sudah ia hadirkan bersama dengan tim dapat membantu menjawab tantangan yang dihadapi oleh pegiat usaha khususnya UMKM yang ada di Indonesia. Bahkan di tengah pandemi pun Puput berharap dengan memanfaatkan teknologi dapat membantu memulihkan perkonomian Indonesia yang berdampak semenjak munculnya covid-19.